Senin, 24 Juni 2013

KISAH TURUNNYA WAHYU PERTAMA NABI MUHAMMAD S.A.W.

 

Dari Aisyah r.r., katanya, “Permulaan wahyu datang kepada Rasulullah s.a.w. merupakan mimpi yang terang diwaktu tidur, tiba dengan jelas dan terang bagai cuaca pagi. Kemudian beliau menjadi senang menyendiri dan memilih tempat di gua gunung Hira. sambil membawa bekal. disanalah Rasulullah s.a.w. beribadah dengan tekun selama beberapa hari. Apabila bekalnya telah habis beliau kembali ke rumah Siti Khadijah, untuk mengambil bekal kembali. Hal seperti ini berjalan selama beberapa saat, sampai suatu saat beliau di kejutkan oleh kedatangan Wahyu ketika beliau sedang berada didalam gua di gunung itu. Pada suatu saat ketika Rasulullah s.a.w. berada dalm gua Hira, tiba-tiba datang Malaikat kepadanya lalu berkata, ‘Bacalah.’ Jawab Rasulullah s.a.w., ‘Saya tidak bisa membaca.’ Rasul-pun di pegang dan dipeluknya sampai lelah, kemudian dilepaskan sambil berkata, ‘Bacalah!’ Jawab Rasulullah s.a.w., ‘Saya tidak bisa membaca.’ Rasul-pun di pegang dan dipeluknya sampai lelah, kemudian dilepaskan sambil berkata kembali, ‘Bacalah!’ Rasul-pun kembali menjawab, ‘Saya tidak bisa membaca.’ Rasul-pun di pegang dan dipeluk untuk yang ketiga kalinya sambil berkata, ‘Bacalah dengan nama Tuhan-mu yang menciptakan manusia dari segumpal darah beku. Bacalah! dan Tuhan-mu yang maha pengasih yang mengajarkan dengan tulisan, dan mengajarkan manusia apa-apa yang belum diketahui-nya. (Surah Al-Alaq ayat 1-5, ayat inilah yang pertama kali turun).’ Setelah kejadian itu, Rasulullah s.a.w. pulang kerumah dengan tubuh gemetar dan mengigil menuju istrinya Siti Khadijah, sambil berkata, ‘Selimutilah aku, selimutilah aku!’ maka seluruh penghini rumahpun segera menelimutinya sampai hilang rasa takutnya. Beliau lalu menceritakan kejadian itu kepada Istrinya Siti Khadijah, lalu beliau berkata, ‘Saya benar benar khawatir Star atas apa yang saya alami.’ Jawab Khadijah, ‘Jangan Takut! Bergembiralah tuan, demi Allah, tidaklah Allah akan mencelakakan tuan selama-lamanya. Tuan biasa menolong semua saudara, berkata jujur, membantu orang yang susah, membantu, memuliakan tamu, dan membantu orang yang sulit karena membela kebenaran.’ Maka pergilah Siti Khadijah bersama dengan Rasulullah s.a.w. menemui Waraqah bin Naufal, yaitu anak dari paman Siti Khadijah (Sepupu) yang telah memeluk Nasrani pada masa Jahiliyah. Dia pandai menulis huruf Arab, dan banyak menterjemahkan kitab Injil kedalam bahasa Arab. Dia seorang yang sangat tua dan buta penglihatannya. Berkata Siti Khadijah kepadanya, ‘Wahai anak paman ! dengarkanlah kisah dari kemenakanmu ini (Rasulullah s.a.w.).’ Berkata Waraqah bin Naufal kepada Rasulullah s.a.w., ‘Hai kemenakan-ku! Apakah yang anda lihat?’ Maka Rasulullah s.a.w. segera menceritakan semua kejadian yang telah ia alami. Mendengar cerita tersebut Waraqah berkata, ‘Inilah Malaikat yang telah di utus kepada Nabi Musa a.s. dahulu, Seandainya saya masih muda, atau saya masih hidup ketika anda diusir oleh kaummu kelak.’ Berkata Rasulullah s.a.w., ‘Apakah saya akan diusir oleh mereka ?’ Waraqah menjawab, ‘Belum pernah ada seorangpun yang telah mendapat wahyu seperti anda, tanpa diusir oleh kaumnya, kalau usiaku panjang sampai kepada hari itu, pasti saya akan membantumu dengan sekuat tenaga.’”

 

Star. Khawatir kalau kejadian tersebut menjadi pertanda buruk

Tidak ada komentar: